E-Gov di Indonesia

E-Government apa yaxx...?
kalau  bagi saya E-Government itu telah diyakini  andal dalam penelitian yang telah dilakukan oleh (PBB) Perserikatan Bangsa-Bangsa terhadap 21 instansi pelayanan publik nasional di 919 negara pada 2003 yang menggatakan bahwa pembangunan e-government itu bukanlah perkara yang penyediaan perangkat teknologi saja bahkan masalah yang lebih kompleks justru  pada penyiapan sumber daya manusia atau bisa disebut juga SDM, yakni para pengguna dan penyedia dapat sekaligus pengolah informasi.
Hal tersebut dapat dilihat dari sisi pengguna dan syarat paling mendasar bagi keberhasilan teknologi informasi, komunikasi yang signifikan dikalangan masyarakat. Lebih luas lagi information Cociety Comission (2003) menyebutkan bahwa kesiapan e-government dapat dicegah berdasarkan posisi atau suatu negara pada Human Development Index (HDI).
Menjadikan HDI sebagai dasar untuk mengukur kesiapan Indonesia dalam ber e-government sepertinya telah menghasilkan gambaran yang tidak begitu mengenakkan, meskipun sudah menunjukkan peningkatan pada sejumlah indikator kesejahteraan manusia, posisi Indonesia pada 2004, tetapi dibandingkan dengan 2003 hanya naik satu anak tangga ke peringkat 111 dari sekitar 170 yang diteliti. Hal ini berarti masih dibutuhkan upaya keras jangka panjang guna memperbaiki tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia, sebagai persyaratan langsung bagi e-participatio.

0 komentar:

Posting Komentar